Senin, 07 Januari 2013

Akulturasi Psikologi

Akulturasi adalah proses sosial yang yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan  tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.  
  Graves (dalam Berry, 1998) membedakan akulturasi menjadi dua bagian, yaitu: 
  1. akulturasi dalam tingkatan komunitas
  2. akulturasi psikologis
Faktor-faktor yang mempengaruhi akulturasi
Terjadinya akulturasi adalah perubahan sosial budaya dan struktur sosial serta pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan.
Psikologi itu sendiri adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai perilaku dan mental manusia
Jadi Akulturasi Psikologi adalah perilaku dan mental seseorang dapat mempengaruhi atau dapat dipengaruhi oleh bercampurnya kebudayaan asing tanpa menghilangnya kebudayaan asli dan perubahan ini yang selalu ingin dilakukan oleh manusia pada dasarnya.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Akulturasi

1 komentar:

  1. Wynn Las Vegas, NV - MapYRO
    Wynn Las Vegas and Encore Las Vegas Map Wynn Hotel 안양 출장샵 Overview, Amenities, and Facts 전주 출장샵 about 남원 출장마사지 Wynn Hotel. View detailed 시흥 출장샵 restaurant reviews, 광주광역 출장샵 photos, directions,

    BalasHapus