Senin, 21 Oktober 2013

Cerita Manajemen yang Pernah Saya Terapkan

CERITA MANAJEMEN KEUANGAN

Disini saya akan mencoba menulis tentang cerita anggaran keuangan yang pernah saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah supaya semua kebutuhan saya bisa terpenuhi.
Saya adalah anak kost’an yang uang jajannya dikirim 1x sebulan. Dengan uang tersebut saya pergunakan untuk membayar uang kost’an, makan, kebutuhan sehari-hari, dan membayar cicilan kulkas hehee. Saya dikasih jatah Rp 2.000.000 sampai Rp 2.500.000 / bulan. Yaaaa itu sih sudah cukup buat saya. Dengan uang yang segitu saya harus bisa memanajemennya alias mengatur anggaran-anggarannya.
Beberapa tips yang saya lakukan untuk melakukan anggaran keuangan adalah:
1.      Saya menulis uang masuk alias uang jatah bulanan dan saya juga menulis pengeluaran atau kebutuhan-kebutuhan yang harus saya beli
2.      Setelah saya menulis dan membagi mana uang masuk dan uang yang harus saya keluarkan baru saya atur pengeluaran. Caranya bagi sumber pengeluaran jadi dua (pengeluaran pasti dan pengeluaran ga pasti). Ni buat ngasih prioritas aja mana yang harus di dulu’in, jangan sampe beli es cream di dulu’in  trus ga bisa bayar kos gara-gara duitnya buat beli es barusan hehee.  OK, next… Pengeluaran pasti apa’an sih? Ni biasanya berhubugan dengan pengeluaran rutin bulanan yg wajib hukumnya di keluarkan (ex: uang kos, cicilan kulkas, belanja bulanan alias kebutuhan-kebutuhan, de el el…). Klo pengeluaran ga pasti tu pengeluaran yang ga wajib di keluarkan artinya kita bisa akali pengeluaran ini seminimal mungkin. Ibarat sepeda, pengeluaran ga pasti itu tempat kita modifikasi. Kita bikin sebagus mungkin dengan biaya seminim mungkin.
Nah itulah cara saya mengatur keuangan atau memanajemen keuangan saya, thank’s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar